Keuntungan E-commerce:
Bagi pengelola bisnis:
* Perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia
* Efisiensi, tanpa kesalahan dan tepat waktu
Bagi konsumen:
* Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat
Bagi manajemen:
* Peningkatan pendapatan & loyalitas pelanggan
Kelebihan E-Commerce:
* Otomatisasi, menggantikan proses manual
* Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses
* Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
* Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”
* Transaksi, kesepakatan antara2 pihak untuk melakukan transaksi yg melibatkan institusi lain.
Kelemahan E-Commerce:
-Isu security
-Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai dengan pencurian data.
-Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,
-Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
-No cash payment.
-Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce.
-Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.
Bagi pengelola bisnis:
* Perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia
* Efisiensi, tanpa kesalahan dan tepat waktu
Bagi konsumen:
* Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat
Bagi manajemen:
* Peningkatan pendapatan & loyalitas pelanggan
Kelebihan E-Commerce:
* Otomatisasi, menggantikan proses manual
* Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses
* Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
* Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”
* Transaksi, kesepakatan antara2 pihak untuk melakukan transaksi yg melibatkan institusi lain.
Kelemahan E-Commerce:
-Isu security
-Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai dengan pencurian data.
-Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,
-Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
-No cash payment.
-Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce.
-Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar